Kuliah Notaris Harus Punya Tulisan yang Bagus

Gambar

Mahasiswa kenotariatan wajib punya tulisan yang bagus 


Selamat datang di Catatan Notaris.

Kali ini admin ingin memberitahukan satu hal tentang kuliah di kenotariatan.

Sebagai mahasiswa magister kenotariatan kita diwajibkan memiliki tulisan tangan yang bagus.

Jika hal ini kamu juga rasakan setidaknya Admin tidak sendirian. Kewajiban ini adalah syarat yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa.

Bukan hal yang rumit sih, tetapi merupakan satu syarat yang sangat harus dimiliki oleh setiap mahasiswa.

Syarat tulisan bagus tidak rumit, cukup terlihat rapih dan mudah untuk dibaca.

Dengan bekal tulisan tangan yang bagus anda tidak akan kesulitan nantinya dalam menulis tugas-tugas yang sebagian besar akan dibuat dengan tulisan tangan. Tugas-tugas yang menumpuk harus dikerjakan sendiri oleh mahasiswa yang bersangkutan.

Di sana dosen akan menilai pekerjaan mulai dari menilai seberapa bagus tulisan tangan seseorang. Jika tulisan anda tidak mudah dibaca atau acak-acakan, maka dosen akan kesulitan untuk membacanya. Akhirnya anda pun dinilai buruk dari situ.
Kuliah Notaris Harus Punya Tulisan Yang Bagus


Belum lagi tugas-tugas untuk menulis akta. Tugas membuat akta harus dibuat dengan tulisan tangan. Kemudian dalam penulisan akta, kita tidak boleh menggunakan alat bantu semacam penghapus, atau typex.

Dalam dunia notaris, dikenal dengan istilah renvoi. Untuk menghapus atau memperbaiki akta kita harus menggunakan teknik renvoi.

Dengan renvoi kita bisa memperbaiki tulisan yang kita salah tuliskan dalam kertas. Sebagaimana tercantum dalam UUJN teknik merenvoi itu bisa dengan mencoret, menambahkan, dan mengganti.

Tidak perlu menggunakan penghapus, kita bisa memperbaiki tulisan di akta kita dengan memberikan catatan bagian mana yang direnvoi. 

Renvoi tersebut dituliskan pada bagian sisi kiri halaman akta. Makanya bagian tersebut selalu kosong dalam jarak kurang lebih 6 centimeter untuk kertas dobel folio.

Jadi sejak awal dari bangku kuliah kita sudah diajarkan untuk berhati-hati dalam membuat akta. Memilih dengan pas kata-kata yang akan dimasukkan dalam rangkaian akta. Kemudian menjadikan akta tersebut sempurna untuk digunakan secara legal oleh orang yang bersangkutan.

Jadi, jika saat ini tulisan anda belum bagus, maka berlatihlah untuk menulis. Tulisan yang bagus akan menjadi bekal yang baik dalam menjalani kuliah di kenotariatan. :)